0
Apakah itu Cempeh ?


Cempeh begitulah orang menyebutnya dan mungkin saja berbeda sebutannya didaerah lain. Cempeh adalah makanan yang terbuat dari buah pucung. Perlu diketahui bahwa Cempeh terbuat dari pucung yang belum masak atau belum menjadi Kluwak/kluwek. Memang membutuhkan waktu dan proses panjang hingga menjadi makanan yang enak untuk dimakan.
Kita tahu bahwa Pucung memiliki kadar racun di dalamnya, yaitu racun Sianida jadi bisa dikatakan makanan yang bernama Cempeh ini adalah makanan exstrem. Meskipun exstrim jika pengolahannya benar maka tidak akan berbahaya bagi tubuh kita dan menjadi kuliner yang enak.

Di beberapa daerah di Jawa Timur kita bisa menemukan makanan ini meski sekarang sudah sangat jarang. Ini dikarenakan karena faktor pengolahannya yang memerlukan waktu panjang dan di era sekarang ini orang - orang lebih memilih makanan yang cepat saji ataupun mudah pengolahannya, Seharusnya makanan atau kuliner seperti ini selayaknya kita pertahankan sebagai khasanah kuliner Nusantara. Seandainya dikembangkan dengan berbagai variasi pengolahan bisa jadi makanan Cempeh ini bisa lebih dikenal luas.


>>> Baca Juga :
INI TEH APA ?

Bagaimana membuat Cempeh itu ?

Tentunya kita pertama memilih pucung yang sudah tua biasanya dipakai buah pucung yang sudah jatuh. Kemudian buah pucung itu dikupas dan diambil daging buahnya yang masih berwarna putih. Selanjutnya daging buah pucung itu direbus dan direndam dengan air putih selama kurang lebih 2 - 3 hari. Perlu diketahui setelah direbus daging buah pucung itu berwarna kemerahan. Selama perendaham sebaiknya air diganti secara berkala.

Kenapa harus direndam ?

Fungsi perendaman tersebut untuk menghilangkan kadar racun yang ada di daging buah pucung tersebut. Setelah proses perendaman yang memakan waktu kurang lebih 3 hari, barulah daging buah pucung tersebut bisa diolah menjadi kuliner Cempeh. Ya inilah kuliner pedesaan yang kini mulai langka. Alam selalu memberi manfaat terhadap manusia.

*Bagi yang lebih mengetahui tentang Cempeh bisa menambahkan di kolom komentar.

Post a Comment

 
Top