0
Semakin berkembangnya teknologi dan semakin majunya jaman, kita sedikit kesulitan untuk menemukan benda yang satu ini. Hanya ada di pelosok pedesaan yang ketika masak masih menggunakan cara tradisional. 


Sekarang ini memasak atau menanak nasi sudah menggunakan alat listrik sebut saja magic com atau magic jar jadi bisa dikatakan benda yang satu ini sudah tidak terpakai lagi.
Nyaton  begitulah orang Jawa menyebutnya dan mungkin berbeda sebutannya di daerah - daerah lain.

Apa itu nyaton ?
Nyaton terbuat dari tempurung kelapa yang dibelah dan berukuran tidak terlalu besar. Pada nyaton terdapat beberapa lubang yang berguna sebagai tempat sirkulasi udara. 

Apa fungsi nyaton ?
Pada dasarnya nyaton berfungsi sebagai penghantar sirkulasi udara saat memasak. Nyaton diletakkan didasar wadah yang disebut kukusan ( kita akan bahas kukusan di artikel berikutnya ).

>>> baca juga : 

Bagaimana cara kerja nyaton ?
Setelah nasi setengah matang atau orang Jawa menyebutnya karon/ aron kemudian nasi dipindahkan kekukusan untuk proses pemasakan  lebih lanjut. Pada posisi bawah kukusan tersebut diberi nyaton sebagai pembatas antara nasi dan air. Air yang dimasak tentunya akan mendidih dan menghasilkan uap. Uap inilah kemudian dinaikkan keatas untuk menanakkan nasi melalui rongga atau lubang - lubang nyaton. Tentunya dengan adanya nyaton ini , uap tidak terperangkap tetapi diteruskan dan tentunya uap tersebut kemudian mampu menanakkan nasi.

Post a Comment

 
Top