0
Hamparan sawah yang begitu subur  berpadu bebatuan yang tersebar disana - sini menjadikan pesona pemandangan yang mengagumkan. Undakan terasering menambah eloknya bentang alam persawahan. Gemericik air yang mengalir melalui pipa - pipa bambu sederhana memberikan warna tersendiri bahwa inilah alam asri Indonesia.

Para petani menyuarakan tetabuhan untuk mengusir burung - burung pemakan biji - bijian dibawah terik matahari dan hembusan angin sepoi - sepoi. Gambaran ini sungguh menyejukkan siapapun yang melihatnya. Sebuah nikmat karunia Tuhan betapa sesungguhnya manusia pedesaan itu tidak dapat lepas dari ketergantungannya terhadap alam.

Meski harga gabah ataupun palawija tidak selalu stabil dan bahkan mengalami penurunan harga, namun semangat para petani untuk selalu kembali kerutinitasnya tidak akan pernah pudar. Berbekal serantang nasi dengan sayur dan lauk seadanya para petani itu menikmati hidup dan terlihat tanpa beban. Keiklasan pengabdian terhadap alam menjadikan kerja mereka tanpa keluh kesah.

Para petani pun tidak tau bahwa ada ancaman yang begitu besar dibalik suburnya sawah - sawah mereka. Hari ini mereka masih dapat menikmati hasil panen dan juga masih dapat berkawan dengan lumpur. Suatu hari nanti sawah - sawah mereka akan dikeruk, digali dan dikupas dengan dalih pertambangan. Inilah sebuah ancaman bagi mereka yang pada dasarnya mereka tidak tau menahu apa resiko yang akan terjadi dengan adanya itu.

Sawah yang dulunya subur jelas akan hilang. Masyarakat yang dulunya selalu berinteraksi dengan alam dan sesamanya juga akan pudar. Air jernih yang mengalir dari mata air jelas akan sulit didapat.

>>> Baca Juga

lalu apakah pertambangan itu tidak baik ?
Pengelolaan pertambangan selama ini cenderung tidak memperhatikan peranan ekosistem yang ada. Kita harus tau bahwa benda mati di alam ini memiliki peranan yang sangat penting guna keseimbangan ekosistem terhadap alam itu sendiri dan lingkungan sekitarnya. 

Lalu apa yang harus dilakukan ?
Pengkajian yang benar - benar mendalam harus dilakukan. Jangan sampai ketersediaan pangan yang semula melimpah justrus akan semakin punah. Masyarakat yang tentram dengan alam dan lingkungannya jangan sampai menjadi masyarakat yang acuh dan bahkan apatis. 

Seyogyanya biarkan alam tetap lestari  karena kalau kita mau berfikir sebenarnya kita ini tidak akan kekurangan pangan. Indonesia ini teramat subur tinggal bagaimana kita mengelolanya agar menjadi Negeri yang benar - benar memiliki ketahanan pangan dan berSwasembada segala macam bahan pangan.


Post a Comment

 
Top