0
Banyak Mitos yang sangat dihormati oleh masyarakat Jawa , salah satunya tentang Tahun DAL dalam perhitungan Jawa.


Tahun DAL dianggap keramat oleh orang Jawa utamanya dalam melakukan pernikahan.
Bagaimana Larangan Itu ?
Manakala ada seseorang yang akan melaksanakan pernikahan dan pernikahan itu dilakukan untuk yang petama kali maka hal itu sangatlah terlarang. Biar lebih mudah akan saya contohkan seperti ini.
Pak A memiliki 3 orang anak katakanlah A1, A2 dan A3. Kemudian A2 dilamar orang atau sudah memiliki calon pendamping maka Pak A tidak boleh melangsungkan pernikahan padan tahun DAL sebab antara A1 dan A3 belum menikah atau dengan kata lain Pak A baru akan melakukan pernikahan anaknya yang pertama kali yaitu si A2 tadi jadi dalam adat Jawa ini sangat terlarang.

Lalu Bagaimana ?
Seandainya antara anak Pak A tadi sudah ada yang menikah maka boleh melakukan pernikahan ditahun DAL. Contonya seperti ini :
Pak A sudah menikahkan Si A1 ditahun lalu kemudian ditahun ini ( katakanlah tahun DAL ) Pak A akan menikahkan anakya yaitu SI A2 maka pernikahan ini boleh dilangsungkan dan bisa dikatakan sudah tidak terkait dengan Mitos tersebut.

>>> Baca Juga :
CERITA PAGI DI PANTAI NGLONJO

FAKTA DAN MITOS POHON BERINGIN


Jika itu dilanggar maka menurut mitosnya akan terjadi hal - hal yang tidak diinginkan pada keluarga tersebut. Mitos ini masih sangat dihormati dan dipercayai oleh masyarakat Jawa. Semoga saja masyarakat Jawa akan terus menjunjung tinggi dan menghormati setiap Mitos yang ada sebagai ciri khas masyarakat yang berbudaya dan mencintai serta menghormati para leluhur.

MITOS SEPUTAR GERHANA

MITOS SEPUTAR KEMATIAN

HITUNGAN HARI YANG BAIK DALAM MENANAM


*Bagi yang memiliki informasi lebih lanjut tentang tahun DAL mohon menambahkan di kolom Komentar. Mohon maaf jika ada kesalahan informasi dari saya.

Post a Comment

 
Top