0
Sodo lanang atau jika diartikan sodo = lidi dan lanang = laki - laki.

*) SUNSET BUKIT TRETES DESA JAJAR KEC. GANDUSARI KAB. TRENGGALEK, JAWA TIMUR


Apa itu sodo lanang ?

Sodo lanang adalah kejadian dimana sebuah sodo atau lidi jatuh secara alami dari pelepah  daunnya ( * daun kelapa atau blarak ). Jatuhnya daun kelapa tersebut terjadi karena pengaruh angin atau dipatahkan oleh kumbang. Waktu terjatuh sodo/lidi tersebut kemudian menancap ditanah. Tentunya dengan posisi vertikal atau berdiri, bukan tergeletak ditanah. Inilah yang kemudian disebut sebagai " sodo lanang ". Fenomena ini memang jarang terjadi dan bisa dikatakan sangat jarang sehingga sodo lanang dipercaya oleh beberapa kalangan masyarakat memiliki nilai lebih.

>>> Baca Juga : 


Apa keistimewaan sodo lanang ?

Menurut kepercayaan sebagian masyarakat khususnya didaerah Jawa , sodo lanang ini memiliki kekuatan tertentu dan biasanya dicari oleh orang - orang yang percaya dengan barang - barang klenik. Menurut mitosnya sodo lanang dapat dijadikan sebagai benda dalam pertahanan diri.

Dalam cerita Ande - ande lumut , diceritakan bahwa Yuyu Kangkang dapat dikalahkan oleh Kleting Kuning dengan bantuan sodo lanang , benar tidaknya ini hanya sebuah cerita lo hehehe.
Oleh sebab itu sodo lanang  menjadi benda yang berharga dan juga bertuah.
 
** semua kembali kepada keyakinan kita masing - masing
* jika punya informasi lebih tentang sodo lanang bisa menambahkan di kolom komentar.

Post a Comment

 
Top