0
Mamang orang Jawa menyebutnya seperti itu (*mungkin didaerah lain berbeda sebutannya ) adalah sebutan untuk salah satu makluk halus yang berentuk bola api. Ada beberapa fenomena bola api yang ada dilakangan masyarakat Jawa dan namanyapun berbeda - beda.  Dahulu ketika masih belum banyak lampu listrik seperti saat ini, keberadaan mamang sering sekali muncul. Apalagi di daerah pedesaan yang masih sepi dan banyak rimbun pepohonan mamang sering terlihat. Tentunya pada malam hari yang gelap.

Gambar Hanya Ilustrasi Bentuk Sebenarnya Tidak Seperti Ini


'' Mamang - mamang dadio lima (* mamang - mamang jadilah lima ) inilah salah satu kalimat yang terkadang diucapkan mana kala melihat mamang. Memang mamang terkadang terlihat lebih dari satu dan jika kalimat tersebut diucapkan sering kali jumlah mamang bertambah. Mamang  sering terlihat saling kejar - kejaran dengan  sesama mamang dan tidak bersuara.

Mamang hanya terlihat dari kejauhan, manakala kita dekati maka mamang ini akan menghilang atau terlihat di tempat lain yang lokasinya berjauhan dari tempat semula kita melihat. Seakan seperti berkedip - kedip karena cahayana terkadang muncul terkadang tidak. Mamang ini tidak pernah berhenti disuatu tempat. Jika menghilang di posisi A maka akan muncul di posisi B atau posisi lain. Pokoknya terus bergerak. Mamang ini tidak mengganggu orang yang melihatnya. Malah seakan mereka menunjukkan keberadaannya sebagai bukti akan adanya femomena alam ini.Seakan menari - nari digelapnya malam.

>>> Baca Juga
ANTARA SAKIT GIGI DAN PIPI


Entah sebenarnya makluk ataupun benda  apa, tetapi yang jelas mamang memang ada. Saat ini sedikit sulit untuk melihat fenomena mamang ini, dikarenakan semakin banyaknya pemukiman, semakin maraknya lampu listrik dan semakin ramainya hiruk - pikuk orang dimalam hari serta semakin berkurangnya hutan alami. Mungkin saat ini mamang mulai malu untuk menunjukkan diri. Jikalaupun masih ada, hanya didaerah pelosok yang memang masih sepi dan jauh dari keramaian.

** jika punya info lebih tentang mamang ini, bisa menambahkan di kolom komentar.

Post a Comment

 
Top