0
Rukun dan damai itulah indahnya hidup di desa. Udara segar, oksigen  murni, pemandangan yang menawan menjadikan keistimewaan tersendiri. Saling mengenal satu sama lain serta saling membantu satu sama lain. Tahukah kita, bahwa  hampir setiap rumah di desa seakan tidak melupakan dua benda ini, apakah itu ?



1. Gula dan Kopi
Setiap rumah di desa seakan tidak pernah terlepas dari gula dan kopi sebagai persiapan jika ada tamu atau orang yang sekedar mampir saat akan atau setelah bekerja. Untuk bubuk kopinya biasanya hasil biatan sendiri yang sering disebit kopi ireng/hitam dengan ciri bubuk kopinya yang kasar dengan ampas yang banyak. Lebih berkesan jika disajikan didalam cangkir kecil.

2. Mbako / Tembau
Tentunya tembau yang belum diracik menjadi rokok. Orang Jawa menyebutnya " mbako gewol " berbau khas menusuk hidung dan jika tidak terbiasa maka akan terasi pusing dika dihisap. Alasan digunakannya mbako gewol ini adalah harganya yang murah serta rasanya yang kuat. Untuk membuat mbako menjadi segelintir rokok maka harus dicampur dengan kertas rokok serta cengkeh dan semuanya tersedia. Jika tidak ada kertas rokok maka disediakan klobot atau kuli jagung.

>>> Baca Juga

Jika salah satu atau keduanya habis maka akan segera membeli meskipun terkadang harus ngutang dulu. Bentuk keramahan orang desa sebagai tanda untuk menghargai orang lain. Terkadang jika sudah asik ngobrol sambil menikmati kopi dan mbako tadi , bisa lupa waktu.

Post a Comment

 
Top