0
Sanja/sonjo merupakan tradisi silaturahmi pada masyarakat Jawa.  Tradisi ini laut laun kian ditinggalkan. Sanja/sonjo dilakukan pada malam hari dengan cara bertamu kerumah tetangga atau saudara atau orang yang dikenal.



Dilakukan pada malam hari, karena orang - orang sudah tidak beraktifitas dan sudah berada dirumah masing - masing. Dengan cara ini maka menjadikan persaudaraan dalam masyarakat terjaga. Saling mengenal antar tetangga dan saling menghargai satu sama lain.
Obrolan yang dibicarakan pun beragam. Mulai masalah pekerjaan ,hingga masalah - masalah kecil yang ada dilingkungan. Sanja/sonjo menciptakan interaksi sosial yang baik.

>>> Baca Juga

Zaman dulu ketika belum ada listrik, seseorang yang akan sonjo membawa alat penerangan senter atau obor. Akan saling bergantian hampir setiap malam ada saja ada tamu yang datang.  Dengan adanya sonjo ini lingkungan pun ikut terjaga sebab pada dasarnya orang - orang yang ada dilingkungan tersebut merasa sudah menjadi satu kesatuan.

Sekarang tradisi sonjo sudah tidak begitu populer. Banyak alasan yamg mulai memudarkan tradisi ini. Apakah sonjo akan tinggal kenangan, semoga saja tidak.

Post a Comment

 
Top