0

Sungai bersih dan jernih adalah dambaan bagi siapapun juga. Tanpa adanya pulusi yang mencemari air. Ah sekarang sudah sedikit sulit mendapatkan sungai yang benar - benar bersih dan jernih. Jikalau adapun hanya terdapat dipelosok - pelosok desa dan daerah terpencil yang tentunya sangat jauh dari kota.

Jadi terbayang masa lalu ketika sungai masih bersih dan jernih. Saat itu biasanya waktu sore hari atau dihari libur sekolah. Beberapa anak yang bisa dikatakan berkelompok. Bersama - sama menuju sungai untuk bermain disungai. Banyak kegiatan bermain yang dilakukan disungai diantaranya :

Klacen

Klacen merupakan istilah dalam bahasa Jawa yang mengacu pada kegiatan mandi disungai. Klacen lazimnya dilakukan oleh anak - anak. Hampir tidak mengenal waktu, terkadang dari siang hingga sore ataupun pagi sampai siang, anak - anak akan senang bermain disungai. Biasanya mereka akan berhenti jika ada anak yang menangis karena diejek atau dimarahi oleh orang tuanya yang datang kesungai.



Ciblon
Ciblon adalah permainan air. Ciblon menggunakan tangan dan air sungai bisa dikatakan ciblon adalah musik air. Air sungai akan ditepuk atau dipukul pakai tangan dengan kekuatan pulukan serta bentuk genggaman tangan yang bervariasi. Jika sudah mahir memainkan tangan dan air maka bunyi yang dihasilkan pun cukup indah di dengar.

>>> Baca Juga

Bor - boran
Mungkin dilain tempat istilahnya berbeda. Bor - boran adalah permainan berkelompok. Satu jadi penjaga dan yang lain harus bersembunyi. Biasa dilakukan dikala air sungai agak keruh atau ditempat yang agak dalam. Penjaga akan menunggu anak - anak lain yang menyelam. Tujuan menyelam adalah untuk bersembunyi. Jika sampai muncul ke permukaan air, maka si penjaga akan memburunya dan meraih kepala serta berkata " bor " dan yang terkena " bor " tadi akan berganti menjadi penjaga.

Plurutan
Plurutan atau prosotan atau meluncur dari ketinggian. Dilakukan di tebing yang berlumpur atau disebut " gampeng ". Tinggi rendahnya plurutan tergantung gampeng tersebut. Agar licin maka jalur plurutan diberi air dan secara terus - terusan dipakai untuk meluncur. Kalau sekarang kita lebih mengenal water boom. Jadi plurutan adalah water boom nya anak jaman dulu.

.... ( bersambung )

Post a Comment

 
Top