0
Beberapa binatang seringkali dijadikan makanan yang bagi sebagian orang menjijikkan atau ekstrim. Selain tidak lazim dikarenakan banyak orang yang alergi terhadap binatang tersebut. Lalu binatang apa saja yang biasa dijadikan kuliner ekstrim hehe


1. Laron
Hewan yang sering muncul saat musim hujan dan merupakan koloni rayap ini sangat sering dijadikan kuliner. Dibuat botok laron ataupun laron goreng. Jika keluar pada malam hari maka akan ditangkap dengan media lampu dan air. Jika keluar pagi atau sore hari biasa ditangkap dengan cara di Celung (*istilah Jawa ) atau dengan dibuatkan rumah - rumahan dari daun pisang atau jati.
Dibeberapa pasar tradisional laron juga diperjual belikan. Rasanya gurih dan sedikit manis. Apalagi jika dimakan saat masih hangat dengan nasi hangat rasanya pun cukup nikmat.


2. Tonggeret
Dibeberapa daerah pedesaan tonggoret sering ditangkap dan digoreng. Biasanya pada musim tertentu. Kalau didaerah saya biasa ditangkap saat " mangsa sanga" dalam hitungan Jawa. Ditanggakap atau bahasa lokalnya di " suluh " pada saat malam hari, karena tonggeret akan hinggap dipohon dan mudah ditangkap.
Rasanya gurih tapi hemmm exstrimnya itu bikin bulu kuduk berdiri saat akan memakannya. Lihat saja bentuknya yang mirip monster hehe.




3. Kumbang lonthe
Kumbang lonthe ada yang menyebutnya gambreng. Kumbang ini biasa muncul dari dalam tanah dan sering munculnya pada sore hari. Sering ditangkap dengan menggunakan lombok merah. Lombok merah tersebut dioleskan pada tempat tertentu dimana kumbang lonthe ini berada. Kumbang lonthe akan mendekati lombok merah tersebut karena tergiur aranya.
Biasanya akan digoreng dan rasanya gurih namun ekstrim hehe



4. Enthung atau kepompong
Ada beberapa kepompong yang bisa dijadikan kuliner salah satunya kepompong pohon jati. Jika sedang musim kepompong ,sangat mudah mencarinya. Paling simpel dimasak dengan cara digoreng. Ada juga yang dikumpulkan dulu lalu ditumbuk dan sekilas mirip kumpulan kuning telur lalu digoreng.

>>> Baca Juga
GRANAT DAN TALI JEMURAN

5. Ulat pohon kelapa atau sagu
Bisa didapat pada batang kelapa/sagu yang telah busuk. Didaerah saya disebut " gendon " atau " wol - wolan ". Bisa digoreng atau dibakar. Rasanya sedikit manis dan gurih.
Itulah beberapa binatang sering dijadikan kuliner. Memang terkesan menjijikkan tapi dibeberapa daerah sudah menjadi tradisi memakan binatang itu.

*punya info lebih, tambahkan dikomentar.

Post a Comment

 
Top