0
Hangat mentari pagi menyambutku ditemani semilir angin pantai yang menambah suasana hati menjadi riang. Aku kesini bersama 3 orang temanku dan kesemuanya laki - laki. Pada awalnya sih tak ada niatan ke tempat ini, kerena harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Dengan bujuk rayu dari salah satu sahabatku dan dengan segala omongan yang menggiurkan kami pun setuju untuk ke pantai ini. Pantai Ngampiran namanya. Pantai indah yang ada di ujung selatan Jawa.



Pantai ini memiliki karakteristi yang unik. Ada hamparan pasir dan pasir tersebut ada yang berwarna hitam. Ini tak lain karena faktor batuan karang yang ada di pantai tersebut. Hasil pengikisan batu karang menjadi butir pasir yang berwarna hitam dan menjadikan corak pasir pantai berkesan indah.

Disisi lain adalah kawasan batu karang yang terbentuk secara alami beribu - ribu tahun yang lalu. Hamntaman ombak yang berlangsung teruis menerus menjadikan batu karang itu berbentuk tidak karuan. Membentuk pula cekungan - cekungan yang menjadikannya kolam alami di pinggir laut. Saat air laut sedang surut kita bisa menggunakan kolam tersebut sebagai tempat berendan, tetapi jika saat pasang tentnya kolam - kolam tersebut akan tertutup air laut.

>>> Baca Juga

Aku dan teman - temanku tadi pun mencoba menyegarkan tubuh dengan berendam di pinggir pantai. Ditemani beberapa pemuda yang sedang mencari ikan disela - sela batu karang. Mereka menggunakan alat sederhana yang terbuat dari besi dan jaring. Beberapa saat kemudian para pemuda tersebut mendapatkan ikan karang. Aku pun  mencoba mencermati sela - sela batu karang. Akupun kagum ada beberapa hewan kecil seperti si Patrik di film Sponge Bob berdiam manis dibawah batu. Aku mencoba mengambilnya sesaat dan kuperhatikan sejenak lalu ku kembalikan lagi. Aku tak tau harus kuapakan, dalam pikiranku biarlah binatang itu tetap berada dialamnya. Aku cukup menikmati pantainya tanpa harus merusak ekosistem di dalamnya.

Setelah puas berendam kami pun beralih menuju deretan perahu nelayan yang terjejer rapi di pinggir pantai. aku sempatkan ngobrol dengan dua nelayan yang saat itu memperbaiki perahu. Mereka berkata hari itu sedang sepi ikan karena angin sedang besar. Ya begitulah tantangan menjadi nelayan. Faktor cuaca sangan berpengaruh dan harsu cermat membaca situasi. Alam memang tak bisa ditebak, mendungpun terkadang tidak jadi hujan.

Dua jam aku dipantai itu dan lapar mulai menghiggapi. waktu itu memang belum ada warung disekitaran pantai itu, aku dan temanku lalu beranjak pergi mencari warung terdekat. Terimakasih pantai yang indah semoga keindahanmu tetap terjaga.

Lokasi : Pantai Ngampiran Kec. Munjungan Kab. Trenggalek, Jawa Timur

tag : cerpen, cerita, cerita pendek, pantai

Post a Comment

 
Top