0
Ngeblog iyu menyenangkan sepeti kita curhat tentang pacar atau masalah kita. Pada dasarnya seperti itu, hanya kalau curhat kepada teman itu tidak ditulis tapi kalau ngeblog itu ditulis. Tidak perlu memikirkan apa yang harus ditulis. Semua saja bisa ditulis dan dimasukkan dalam blog.  Ya seperti waktu sekolah saat kita disuruh merangkum oleh guru, ya seperti itu pula gambaran dari ngeblog itu.



Kita tidak akan kehabisan bahan tulisan. Pokoknya apa saja boleh lah kita tulis yang terpenting menghindari  hal – hal yang menyebabkan ketidak nyamanan dan mengganggu orang lain sebagai pembaca. Terlebih lagi jangan sampai apa yang kita tulis itu adalah hoax alias kabar bohong.
Memang pada awalnya dalam memulai menulis akan sedikit mengalami kebingungan karena seakan kehabisan kata. Jangan panik, buat santai saja. Artinya kalau kita mengalami kebuntuan kita tinggalkan sejenak tulisan tersebut. Kita ambil kopi, teh atau refresing terlebih dahulu. Setelah otak kita merasa nyaman dan mulai memiliki ide – ide lagi barulah kita kembali untuk melanjutkan tulisan kita tadi. Jika nanti mengalami hal yang sama , maka solusinya ya itu tadi tinggalkkan sejenak dan biarkan sampai otak kita mengalami penyegaran. Jangan dipaksa untuk menulis, sebab jika dipaksa inanti berimbas pada tulisan kita yang mungkin mengalami ketidak sesuaian antara paragrap per paragraf.

Jika sudah menemukan mod menulis, maka menulis akan menjadi hobi. Kita akan merasa ketagihan untuk menulis dan hal apapun yang kita lihat dapat menjadi bahan tulisan kita. Seperti kita waktu ngobrol di warung kopi. Bayangkan saja  secangkir kopi manis panas Cuma dihargai Rp. 2.000 lalu kita ngobrol berdua bersama teman, maka akan memakan waktu yang cukup lama dan berjam – jam kita mengobrol. Tidak sebanding dengan harga kopi tadi, kita lebih lama ngobrolnya dari pada menikmati kopinya.  Apa yang kita obrolkan mungkin bagi kita tidak penting, tetapi mungkin saja bisa menjadi penting bagi orang lain. Seperti tulisan pada blog yang kita buat. Bagi kita biasa – biasa saja perlu diketahui blog itu menyebar keseluruh dunia melalui mesin pencari seperti google, yahoo, bing, yandex dan sebagainya. Bukan hanya pembaca Indonesia , tetapi orang Amerika pun dapat membaca tulisan kita itu.

Beberapa hari yang lalu komunitas blogger Trenggalek dan tulungagung menyempatkan diri untuk berkumpul bersama membahas berbagai masalah dalam ngeblog. Dipantu oleh mas trigus, pertemuan itu terasa menyenangkan. Jumlahnya memang tidak banyak hanya sekitar 20 orang dalam satu ruangan, namun dari pertemuan itu memberikan banyak pengalaman terutama kepadaku sendiri sebagai pemula.

Saya sendiri semakin tau apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas blog. Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam ngeblog menurut teman – teman adalah :

1. Konsistensi dalam menulis
Sebisa mungkin setiap hari blog kita harus terisi artikel baru. Tujuannya agar pembaca selalu mendapat pengalaman baru. Konsistensi menulis menunjukkan keseriusan kita dalam ngeblog. Pembaca akan semakin senang dengan blog kita dan tentunya akan berpengaruh pada kualitas blog kita.

2. Tulisan Menarik
Artinya, apa yang kita tulis itu menarik bagi pembaca. Dengan membaca tulisan di blog kita maka pembaca akan mendapatkan informasi yang mereka cari. Dengan begitu maka pembaca akan selalu percaya terhadap blog kita.

Dua hal tersebut harus kita pahami terlebih dahulu dan harus kita pegang kuat – kuat untuk meningkatkan tulisan kita.

Terimakasih teman – teman yang hadir dalam kumpul blogger waktu itu
http//www.mastrigus.com/
http//www.sagurublogger.blogspot.co.id/
http//www.nawacerita.com/
http//www.jejaknoe.net/
http//www.mastrigus.com/
http//www.nggleyinger.blogspot.co.id/
http//www.kangajar.blogspot.co.id/
http//www.zamzamplm.blogspot.co.id/
http//www.ibnuwajak.id/
http//www.iptekbahari.blogspot.co.id/
http//www.mykopper.blogspot.co.id/
http//www.triwahyuni22.com/
http//www.rofikgo.blogspot.co.id/
http//www.kembarvirgor.blogspot.co.id/
http//www.kangizza.blogspot.co.id/
http//www.diaryofaufa.blogspot.co.id/
http//www.jejakexploretrenggalek.blogspot.co.id/

bagi yang belum kusebut, mohon koreksi

















Post a Comment

 
Top