0
Kebo nusu gudel merupakan pepatah Jawa. Kebo merupakan Kerbau ( Binatang ) dan Gudel merupakan sebutan untuk anak kerbau. Jika diartikan secara bebas maka Kebo Nusu Gudel memiliki arti Kerbau menyusu kepada gudel.

by google/inspiradata


Apa makna dari pepatah tersebut ?

Memang secara sekilas pepatah tersebut seakan berkonotasi buruk, akan tetapi di dalam pepatah tersebut terdapat makna yang sangat dalam dan merupakan nasehat ataupun sindiran halus.
Seperti kita ketahui seharusnya gudel atau anak kerbaulah yang harus menyusu kepada induknya yaitu kerbau, tetapi ini malah sebaliknya mengapa ?
Kebo Nusu Gudel jika kita mau memahaminya sebenarnya secara sederhana memiliki makna bahwa kita meskipun banyak ilmu, banyak pengetahuan, banyak pengalaman tentunya masih memiliki celah kebodohan atau kekurang tahuan. Maka dari itu kita harus belajar meskipun yang menjadi guru atau pengajar/pembimbing kita adalah orang ataupun anak yang usianya jauh dibawah kita.


Misalkan saja kita pintar dalam bidang elektro tetapi kita belum tentu pintar dalam bidang olah raga. Maka tentunya kita harus belajar dan yang ada disekitar kita yang merupakan mahir dalam bidang itu adalah anak yang usianya dibawah kita. Mau tidak mau, suka ataupun tidak suka tentunya kita harus belajar kepada mereka.

Makna lain dari pepatah ini adalah mengajarkan kepada kita agar selalu merasa rendah diri, rendah hati dan tidak sombong. Pada dasarnya kita tidak akan pernah sempurnya sehingga sampai kapan pun akan tetap memerlukan bantuan orang lain. Oleh karena itulah kita harus berani mengakui kebodohan kita jangan sampai menjadi orang yang sok bisa, sok hebat dan sok jagoan.

tag : pepatah, pepatah jawa, kerbau, kebo, makna

Post a Comment

 
Top