0
Mitos seputar kematian yang ada di kalangan masyarakat Jawa.



1. Jenazah dan kucing
Ini terkesan lucu, namun mitos tersebut memang ada di kalangan masyarakat Jawa. Dahulu ketika pengetahuan manusia belum se modern sekarang , mitos ini begitu dipercayai.
Mitosnya jika Jenazah dilompati kucing maka jenazah tersebut akan hidup kembali. Oleh karena itulah jenazah akan segera di makamkan agar tidak kelamaan di rumah duka untuk menghindari kucing. Sekarang mitos ini sudah tidak begitu populer. Mitos ini sekarang lebih dipergunakan sebagai guyonan saja. Jika dipahami sebenarnya mitos ini memberikan nasehat kepada kita agar menghargai manusia meskipun sudah meninggal. Jika sampai dilompati kucing, itu sama artinya membiarkan jenazah tersebut tanpa penjagaan dari keluarganya. Setiap mitos pasti mengandung pesan moral didalamnya.

2. Jenazah dan Ayam
Mitosnya jika ada orang yang meninggal di hari Jum'at maka akan dibawakan seekor ayam yang kemudian dilepaskan di pemakaman. Ini dilakukan karena anggapan bahwa meninggal dihari jum'at adalah sakral. Ayam tersebut akan dibiarkan lepas bebas dipemakaman. Sekarang ini mitos melepaskan ayam masih berlaku di beberapa daerah. Perbedaannya, sekarang ayam lebih sering diberikan seseorang yang ikut ke pemakaman atau siapapun yang mau. Mitos melepaskan ayam merupakan simbol keiklasan. Artinya kita harus iklas melepaskan orang yang kita cintai. Ada awal ada akhir, ada datang ada pergi, dan semua akan kembali kepada sang pencipta. Keiklasan melepaskan apa yang kita miliki, kita cintai adalah sebuah keharusan jika sang pencipta telah berkehendak.

Post a Comment

 
Top