0
Ketenaran burung walet sudah sejak zaman dahulu. Burung ini banyak diburu orang. Para pemburu burung walet mencari sarang walet yang harganya mahal. Ya, sarang walet yang terbuat dari air liur walet memiliki nilai ekonomis tinggi. Sarang walet dipercaya memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan.

Negeri Cina telah mengenal sarang walet sejak ratusan tahun lalu.  Mereka menjadikan sarang walet sebagai minuman kesehatan. Tidak heran jika harga sarang walet cukup tinggi dipasaran. Jika kualitas baik, maka perkilo sarang burung walet harganya mencapai jutaan rupiah.

Mencari sarang walet bukan pekerjaan mudah. Burung walet sering kali membuat sarang pada tebing - tebing di tepi laut. Para pemburu harus berani melawan rasa takut mereka dan harus tau kondisi cuaca. Burung walet memanfaatkan goa  - goa di pinggir pantai untuk bersarang. Tidak jarang lokasi goa itu berada tepat dibawah tebing dan jika ingin masuk harus memastikan kapan air laut pasang dan kapan air laut surut. Ada kalanya pula walet membuat sarang di pucuk tebing dan untuk mencapainya harus memakai tangga.
Para pemburu sarang walet adalah mereka - mereka yang bernyali tinggi. Kebanyakan para pemburu sarang walet hanya mengandalkan peralatan sederhana. Jika tidak berhati - hati maka nyawa taruhannya.

Ada keunikan tersendiri pada burung walet ini. Burung walet cenderung jarang hinggap di pepohonan, ini dikarenakan cengkraman burung walet tidak kuat. Burung walet lebih suka berada pada sarang mereka untuk bersantai. Selain itu burung walet juga tidak kuat untuk loncat, jadi jika jatuh ke tanah maka burung walet akan sulit menghentak untuk terbang, sehingga burung walet bisa mati karena kelelahan dan tidak dapat makanan.

Sarang burung walet telah menjadi bagian dari penghidupan masyarakat. Meski hanya liur tetapi nyatanya harga liur itu mampu menggiur manusia untuk berlomba mendapatkannya. Saat ini memang sudah ada usaha untuk membuat burung walet bersarang dirumah atau di bagunan yang sengaja dibuat, namun nyatanya apa yang diharapkan tak sesuai. Goa - goa dan tebing - tebing  alami jauh lebih digemari burung walet. Semoga liur walet akan terus lestari untuk menghidupi masyarakat yang memburunya.

Post a Comment

 
Top