0
Gerhana adalah fenomena alam yang terjadi dengan rentang waktu tertentu. Gerhana terbagi menjadi 2 macam yaitu Gerhan Bulan dan Gerhana Matahari. Gerhana bulan terjadi mana kala posisi matahari Bumi dan Bulan sejajar sedangkan Gerhana matahari terjadi manakala Matahari Bulan dan Bumi sejajar.



Bagi sebagian masyarakat Jawa fenomena Gerhana sering dikaitkan dengan mitos - mitos tertentu. Diantara mitos - mitos itu adalah :

Gerhana Matahari

Pada Gerhana Matahari sering dikaitkan dengan Matahari dimakan Buto atau Matahari dimakan oleh raksasa. Untuk mengusir raksasa yang memakan matahari tersebut maka orang - orang akan memukul kentongan atau mengadakan tetabuhan agar suasana gaduh dan si raksasa tersebut kabur. Ada pula mitos saat ada gerhana matahari orang tua menyuruh para anak - anaknya untuk bersembunyi dikolong tempat tidur agar tidak melihat matahari. Secara logika mitos agar bersembunyi di kolong tempat tidur bisa dibenarkan karena kita tidak boleh melihat gerhana matahari secara langsung.

Gerhana Bulan
Pada gerhana bulan ada mitos yang beranggapan bahwa gerhana bulan memiliki kebaikan. Mitosnya kalau kita mengoyang - goyangkan tanaman milik kita misalkan saja kita menggoyang - goyangkan pohon mangga saat terjadi gerhana bulan maka pohon mangga tersebut akan berbuah lebat.

Itulah beberapa mitos tentang gerhana, jika punya informasi lain boleh menambahkan pada kolom komentar.

Post a Comment

 
Top