0
Pohon beringin ( ficus benjamina ) bagi kalangan masyarakat Jawa sangatlah populer.  Pohon ini memiliki daun yang tidak begitu lebar dan buahnya kecil - kecil. Memiliki pengakaran yang kuat. Sering kali kita melihat bahwa dibawahnya pohon beringin jarang ditumbuhi tanaman lain. Pohon beringin te
rgolong pohon yang rindang dan memiliki akar nafas atau orang Jawa menyebutnya Sulur.



Fakta tentang pohon beringin yaitu sering kali mata air atau sumber muncul disela - sela akar pohon beringin atau disekitar pohon beringin, sehingga oleh masyarakat pohon ini sering ditanam untuk menjaga keberadaan mata air. Rindangnya pohon beringin menjadi tempat atau rumah burung - burung kecil dan kalau di hutan biasanya rumah bagi primata.

Mitos mengenai pohon beringin masih berkembang di masyarakat Jawa hingga saat ini. Pohon beringin dianggap rumah dari makluk halus. Pohon beringin banyak tumbuh ditempat - tempat yang mistis atau wingit/angker. Ada pula yang menaruh sesaji pada bawah pohon beringin tersebut, sehingga masyarakat mengsakralkan pohon beringan dan bahkan dianggap suci.

Beringin sering kita lihat pada alun - alun Kota/kabupaten.  Beringin yang paling terkenal yaitu beringin kurang yang terletak di alun - alun lor yogyakarta. Fungsi utama dari beringin tersebut adalah untuk mempercantik taman dan juga sebagai tempat berteduh.

dengan adanya mitos tentang beringin tentunya akan menjaga pohon tersebut dari kepunahan. Kita tau bahwa sekarang ini banyak pohon yang mulai langka dan kiranya kita akan selalu bisa menjaga keberadaan pohon beringin agar tidak punah.

Post a Comment

 
Top