0
Sugeh tanpa bandha
Digdaya  tanpa aji
Trimah mawi pasrah
Sepi pamprih tebih ajrih

Langgeng ....
Tanpa susah tanpa seneng
Ateng Mantheng
Sugeng jeneng

by google/boombastis


Itulah bait lagu Karya Sosro Kartono yang sering dinyanyikan oleh Sujiwo Tejo. Sosro Kartono sendiri adalah Kakak kandung dari R.A Kartini. Beliau merupakan orang Indonesia pertama yang kuliah di Belanda. Beliau sangatlah cerdas mampu menguasai kurang lebih 24 bahasa.

Bait lagu yang sebenarnya kata mutiara dari Sosro Kartono yang tertulis pada nisan beliau, tentunya memiliki makna yang sangat dalam.

Sugeh tanpa bandha jika diterjemahkan bebas maka artinya Kaya tanpa harta. Makna yang bisa kita ambil adalah bahwa kita harus selalu merasa kaya. Hati kita harus penuh rasa syukur, kalau pun punya harta janganlah kita menjadi tamak. Kita harus peduli kepada lingkungan sekitar yang membutuhkan uluran tangan kita. Gaji berapapun, bayaran berapapun tetaplah kurang jika kita tidak bersyukur menerima keadaan. Harta membuat kita celaka kalau kita terlalu tamak.

Digdaya tanpa aji jika diterjemahkan bebas artinya Sakti tanpa mantra. Makna yang bisa kita ambil apabila kita menjadi pemimpin atau orang yang dipercaya, kita sebisa mungkin mampu mengendalikan diri kita agar orang lain bersimpati dan mau menerima kita. Saat ini banyak pemimpin negeri yang lupa jati dirinya. Mereka tak mau lagi menerima kritik dan membuat kebijakan yang justru menyengsarakan rakyatnya. Digdaya atau sakti bisa digambarkan bahwa sesorang memiliki wewenang. Maka janganlah menggunakan wewenang tersebut semaunya sendiri yang hanya mementingkan diri sendiri dan golongannya.

Trimah mawi pasrah Jika diterjemahkan bebas artinya Menerima dengan iklas pemberian Tuhan. Saat ini yang sering terjadi banyak orang yang tidak mau menjalani proses. Mereka berlomba mendapatkan jabatan tinggi dengan segala cara. Proses tak lagi dilalui secara benar. mereka menabrak norma yang penting asal dapat jabatan. Seharusnya nikmatilah proses alami agar hidup kita berjalan dengan iklas.

Sepi pamrih tebih Ajrih Jika diterjemahkan bebas artinya Tanpa memikirkan imbalan dan tanpa rasa takut. Makna yang dapat kita ambil adalah jika kita menolong atau berbuat kepada orang lain, maka lakukan dengan senang hati dan iklas. Tak perlu mimikirkan pahala dari Tuhan atau imbalan dari orang lain. Lakukan saja, sebab itulah tugas kita yaitu saling tolong menolong.

Langgeng tanpa susah tanpa senang Jika diterjemahkan bebas artinya  Tidak perlu berduka tidak perlu berbahagia. Maknanya yaitu nikmatilah hidup ini dengan sabar apapun yang terjadi. Tidak perlu mengeluh karena hidup harus kita jalani.

Anteng Mantheng sugeng jeneng Jika diterjemahkan bebas artinya Selalu Tenang nama akan dikenang. Maknanya lakukan kebaikan didunia ini dengan iklas, maka dengan sendirinya orang - orang akan mengenang kita.

Post a Comment

 
Top