0
Bagi masyarakat Jawa kucing adalah salah satu hewan yang dihormati, sehingga banyak orang yang memelihara kucing. Satu hal yang menjadi tradisi dan saat ini memang mulai memudar yaitu tentang menabrak kucing. Masyarakat Jawa memiliki mitos jika menabrak kucing akan mendapatkan kesialan. Oleh sebab itulah kucing menjadi dihormati.



Jika kita menabrak kucing, maka kita tidak boleh mengabaikannya. Kucing yang tertabrak tersebut jika luka harus diobati dan jika sampai mati maka bangkai si kucing tersebut harus dikubur secara baik – baik. Adakalanya bangkai kucing yang tertabrak tersebut dibawa pulang oleh si penabrak dan dikuburkan dengan baik. Ini dikarenakan untuk menghindari kesialan yang bakal menimpa orang yang menabrak.

Bahkan beberapa orang melakukan upacara selamatan sebagai bentuk penghormatan terhadap  kucing yang tertabrak tersebut dengan cara melakukan kenduri. Tujuan lain dari upacara se dan membuanlamatan tersebut tentunya untuk membuang kesialan.
Memang ini adalah mitos yang kebenarannya sulit di buktikan, akan tetapi ada makna mendalam dari mitos ini, bahwa kita sebagai manusia  harus menghargai terhadap sesama makluk hidup dan agar tidak semena – mena terhadap makluk hidup lain.

*Jika punya info lanjut, mohon menambahkan di kolom komentar



Post a Comment

 
Top