0

Dunia politik di negeri ini memang menarik, bisa dikatakan setiap tahun adalah tahun politik. Pro Kontra selalu muncul dan menimbulkan intrik yang beragam. Politik pun berkembang menjadi  komoditas yang mampu memutar roda perekonomian di negeri ini. Mulai pembuatan banner/baleho, kaos, topi dan sebagainya untuk mendukung kegiatan politik serta untuk mempromosikan si bakal calon dalam sebuah pertarungan politik nantinya. Tidak terbantahkan pula bahwa politik terkadang menimbulkan gesekan antar pendukung. Perang kata baik secara langsung atau pun  melalui media sosial kerap tersaji.



Seperti saat ini yaitu perang tagar atau tanda pagar. Banyak beredar kaos dengan tagar #2019gantipresiden dan juga tagar  #duaperiode. Kalau kita lihat dari sudut pandang kreatifitas, maka bisa dikatakan generasi muda negeri ini sangat lah kreatif dan mampu mengambil sebuah situasi sebagai bahan dagangan. Tak pelak tagar tersebut di cetak pada kaos yang kemudian dijual. Perputaran uang dari penjualan kaos tersebut tidaklah sedikit. Geliat para tukang sablon pun kembali berapi – api. Tanda pagar tersebut  pun kemudian berkembang menjadi  sebuah fenomena di masyarakat. Dijadikan pula tanda pagar tersebut sebagai lelucon misalnya #2019gantiistri dan sebagainya. Bahkan banyak pulang yang memesan secra custom atau dengan desain tanda pagar buatan sendiri ( pembeli ).

Maka sebenarnya generasi negeri ini telah mengalami sebuah progres pendewasaan perpolitikan. Tidak lagi mengarah ke pada permusuhan atau kebencian terhadap salah satu lawan politiknya. Oleh karena itulah, tinggal bagaimana para pemangku kepentingan memanfaatka situasi ini. Setidaknya kreatifitas para generasi bangsa mampu di arahkan menjadi peluang usaha. Tanda pagar pada kaos memang sebuah bentuk ide terhadap perubahan dan jangan sampai para pemangku kepentingan justru memanfaatkan situasi seperti ini menjadi peluang politik hitam/black campain atau menjadi bagian dari provokasi. 

Seharusnya ada dorongan agar setiap gejolak politik menjadi sebuah peluang usaha yang tetap membuat rakyat rukun damai sentosa. 
#indonseiakeren
#generasikreatif

Post a Comment

 
Top