0
Akhir – akhir ini udara begitu dingin menusuk tulang. Sampai – sampai harus memakai jaket tebal untuk menghindari rasa dingin tersebut, bahkan di beberapa tempat dinginnya sangat menusuk. Jika kita akan mandi saja rasanya enggan dan memilih memakai air hangat, berrrrr benar- benar dingin yang luar biasa.


Memang Negara kita ini tidak mengenal yang namanya musim dingin atau musim salju. Di negeri kita ini hanya mengenal dua musim yaitu musim kemarau dan penghujan. Akan tetapi fenomena musim dingin akan selalu dating setiap tahunnya.

Terkait fenomena dingin tersebut, ada anggapan atau sebutan bagi masyarakat Jawa bahwa musim dingin tersebut disebut Bediding Kembang Kopi. Bediding adalah istilah Jawa dalam menyebutkan musim dingin , sedangkan kembang kopi adalah bunga kopi ( tanaman kopi )

Lalu apa kaitannya ?
Menurut masyarakat Jawa bahwa musim dingin akan berbarengan dengan tanaman kopi yang sedang berbunga. Ini bisa dilihat dari tanaman pagi yang mekar berbunga. Orang Jawa selalu “ niteni “ atau mncermati dari dulu, sehingga mereka cenderung hafal akan adanya fenomena yang muncul. Jika ditarik secara ilmiah mungin tidak ada kaitannya tapi itulah bentuk kearifan local 

Post a Comment

 
Top