0
Mungkin bagi sebagian orang sakit adalah sesuatu yang mengecewakan, tetapi bagi kalangan masyarakat Jawa utamanya di daerah pedesaan, sakit bisa jadi sebagai penyemangat hidup. Lihat saja ketika ada orang sakit maka akan ada banyak makanan yang datang. Itu terjadi karena sanak famili atau tetangga datang menjenguk.



Inilah bentuk kerukunan masyaraat Jawa. Memang tidak ada kewajiban menjenguk, tetapi sudah menjadi tradisi apa bila ada saudara atau tetangga yang sakit maka sanak famili atau tetangga ikut merasaannya.

Mereka akan datang menjenguk dengan membawa buah tangan. Bermacam - macam bentuknya, ada yang membawa buah - buahan atau makanan kecil. Jika orang yang sakit tersebut banyak saudaranya atau orang yang sakit tersebut adalah orang yang terkenal maka banyak yang akan datang menjenguk dan membawa buah tangan atau oleh - oleh.

Bisa jadi ketika sedang sehat maka tidak akan banyak makanan yang tersedia tetapi ketika sakit, akan banyak makanan yang tersedia. Jadi pilih mana hehehe sakit atau sehat ?

Post a Comment

 
Top