0
Tentu kita pernah makan kacang goreng baik itu olahan pabrik atau olahan dari rumahan. Tanpa kita sadari makan kacang goreng sebenarnya memberikan gambaran terhadap hidup ini. Coba kita renungkan sejenak sembari membayangkan saat kita makan kacang goreng. Apalagi saat makan kacang goreng itu kita ditemani kawan - kawan sambil bercanda ria. Tentu ada kenikmatan tersendiri.
Kalau kita mau memperhatikan saat makan kacang goreng biasanya kita akan makan kacang yang bentuknya baik dan isinya baik. Jika ada yang sedikit gosong akan kita sisihkan. Lama kelamaan kacang yang kita makan itu yang biasanya ditaruh di toples ataupun piring akan menjadi sedikit dan menyisakan kacang yang sedikit gosong.



Awalnya memang kita menyisihkan kacang yang sedikit gosong tersebut , namun karena faktor semakin berkurangnya kacang yang ada mau tidak mau, terpaksa atau tidak biasanya kacang yang sedikit gosong itupun akan kita makan. Dengan kata lain kita tidak dapat menolak lagi dengan keberadaan kacang yang sedikit gosong itu. Alhasil kita pun akhirnya tau rasanya kacang yang sedikit gosong tersebut yang semula kita hindari.

Itulah sebenarnya isyarat  kehidupan yang kita jalani. Kemanapun perginya kita, apapun pangkat kita dan seberapa kayanya kita, mau - tidak mau kita pun harus melalui proses ujian hidup. Adakalanya kita meniti jalan yang mulus dan mudah serta terasa manis, namun suatu ketika kitapun harus melalui jalan yang berliku, gelap dan terasa pahit.

Memang kita ingin selalu terhidar dari ujian kehidupan yang sulit, akan tetapi meski dengan segala upaya kita agar terhindar dari ujian itu , kalau sudah tiba saatnya mau tidak mau kitapun harus merasakan pahitnya ujian. Seperti kita makan kacang meski awalnya dipilih, dipilah dan dihindari pada akhirnya kita harus rela merasakan pahitnya kacang yang sedikit gosong itu.
Itulah sebuah proses kehidupan, semua telah diatur dan munculnya suatu ujian tidak dapat kita tentukan. Nikmati saja seperti saat kita makan kacang goreng.

Post a Comment

 
Top